Ngga cuma Korea aja, produk skincare dan kosmetik di Jepang juga kualitasnya top markotop. Makanya, banyak orang pergi ke Jepang untuk belanja skincare/kosmetik, bahkan untuk jastip. Tapi, pada tau ngga belanjanya di mana? Yuk sini, saya kasih daftar rekomendasi drugstore di Jepang ala IndyRin!

Drugstore di Jepang: Apa dan Kenapa?

Sama dengan Watson atau Guardian di Indonesia, drugstore di Jepang juga pada dasarnya adalah toko obat-obatan OTC (over the counter) dan suplemen, yang juga menjual “obat” untuk badan, wajah, dan muka dalam bentuk skincare, facemask, kosmetik, diet supply, dan juga “obat” untuk kehidupan sehari-hari alias daily necesity item, mulai dari sabun dan shampoo, sampai ke makanan.

Beberapa drugstore di Jepang juga merangkap apotek/farmasi, di mana kita bisa menebus obat dengan resep dokter.

Nah, kenapa sih banyak orang memilih belanja ke drugstore di Jepang? Mari kita bahas beberapa kelebihannya:

Produk Puchipura: Skincare dan kosmetik

Puchipura adalah kata serapan yang diambil dari bahasa Perancis “Petit Price” yang artinya harga minim. Jadi, puchipura skincare dan kosmetik artinya adalah skincare dan kosmetik yang murah meriah.

Puchipura ini konsepnya adalah produk dengan harga yang terjangkau, tapi dengan standar kualitas Jepang yang tinggi.

IndyRin

Contoh kosmetik puchipura Jepang adalah brand Canmake, KATE, Cezanne, Majolica Majorca, Chifure, Fasio, Media (versi puchipura-nya Kanebo), Integrate (versi puchipura-nya Shiseido), Kiss dan sebagainya.

Sementara, kosmetik brand negara barat yang termasuk “puchipura” adalah Maybelline, Revlon dan Rimmel. Untuk merek ini kalian bisa menemukan di drugstore.

skincare, cosmetic, facemask, and everything about beauty are here in the drugstores!

Produk yang beragam

Selain obat-obatan dan produk puchipura-nya, drugstore di Jepang juga menjual beberapa brand kosmetik yang agak high-level seperti Coffrette d’Or, Primavista, atau Macquillage. Biasanya mereka harganya lebih mahal dari produk puchipura dan ngga semua drugstore punya.

Sementara untuk skincare, ada banyak varian skincare ala drugstore yang bisa kita dapatkan, seperti Curel, Sekkisei, Kanebo, Sofina, Shiseido, atau yang import semacam La-Roche Possay.

Yang jelas, kalau produk seperti Shu Uemura, Koh Gen Do, dan semacamnya, nyarinya bukan di drugstore yak.

Harga yang lebih murah

Seperti yang saya bilang sebelumnya, selain obat, kosmetik, skincare, deodoran drugstore di Jepang juga menjual keperluan sehari-hari, mulai dari shampoo, sabun, pembersih rumah, pembalut, hingga ke minuman dan snack ringan, mirip dengan supermarket pada umumnya.

Baca juga  Rekomendasi Drugstore di Jepang ala IndyRin: Bagian Kedua

Menariknya, harga yang ditawarkan di drugstore umumnya lebih murah ketimbang harga di supermarket biasa. Itulah kenapa, saya merekomendasikan belanja di drustore di Jepang.

Daftar Rekomendasi Drugstore di Jepang

Daftar ini sebenernya sudah lama saya kurasi (dari jaman S3 dulu), tapi nyatanya masih relevan dengan kondisi sekarang. Berhubung border Jepang udah buka, jasa jastip makin banyak dan yang pingin shopping tourism juga banyak, mari saya jelaskan tokonya satu persatu beserta opini dan rekomendasi saya.

Ohiya, di daftar ini, saya hanya meng-kurasi drugstore yang merupakan chain drugstore dan yang banyak bertebaran di area Kansai (karena saya dan suami belum pernah tinggal di luar Kansai).

Antar satu cabang dengan cabang yang lain, meskipun satu brand drugstore, kadang suka ada perbedaan variasi produk dan harga, tergantung luas toko dan lokasi. Jadi, saya akan mencoba meng-cover secara umum.

Untuk produk makeup, biasanya harga antar toko ngga beda jauh (karena mereka ada semacam HET-nya gitu). Tapi untuk produk lain seperti facewash, lotion, skincare, facemask, itu bisa beda-beda tergantung toko dan cabangnya. Jadi saya pakai produk facewash sejuta umat, si Senka FaceWash, untuk membandingkan harga tiap toko.

Karena bahasannya akan panjang, nanti akan saya bagi menjadi 2 part. Jadi, jangan lupa baca part2-nya yak!

So, here we go!

Matsumoto Kiyoshi(マツモトキヨシ)

matsumoto kiyoshi by IndyRin

Atau yang sering dipanggil Matsukiyo. Menurut saya, toko ini adalah standar drugstore di Jepang. Lokasinya pasti strategis, dan ada di mana-mana, karena cabangnya banyak! Mulai di stasiun, shopping street, mall, sampe ke daerah pemukiman. Sangat mudah di cari. Bahkan ada juga cabangnya di luar negeri (Hongkong dan Vietnam)

Logo tokonya yang mencolok, warna kuning dan biru, memudahkan kita melihat tokonya dimanapun berada. Biasanya tokonya besar-besar dengan produk yang lengkap banget dan banyak variasinya. Produk-produk yang populer di sosial media, mereka sedia. Makanya, banyak turis yang belanja di sini, terutama jastiper dari China.

Untuk produk kosmetik, semua brand drugstore dia punya, sampai ke yang high-end level seperti Macquillage, Primavista, dan Coffret d’Or. Produk Korea kayak Etude, Rom&nd, Dasique juga ada (umumnya drugstore Jepang ngga punya produk Korea kecuali yang bener-bener terkenal).

Produk kosmetik yang bukan brand besar dan cuma spesifik ke satu produk saja, misalnya seperti produk eye makeup dari deJavu (pernah saya review di sini) atau Excell, juga dia punya lengkap. Apalagi kalo pergi ke flagship store-nya yang di Ikebukuro, Tokyo, katanya baru renovasi dan sekarang jadi wah banget gitu, dan isinya juga makin “wah” dan lengkap banget.

Baca juga  Have a Purpose! Rahasia Umur Panjang Orang Jepang

Untuk skincare, mereka juga lengkap. Segala macem skincare drugstore standar dia punya, sampe ke Kanebo, Shiseido, Sofina, dan semacamnya. Yang berbau Korea kaya CICA juga dia punya.

Selain kosmetik dan skincare, mereka juga punya produk nail, dan keperluan sehari-hari seperti sabun, sampo, sabun muka, detergen, pewangi, sampai makanan dan minuman. Bahkan kebutuhan lain seperti stocking, mereka juga punya.

Selama studi di Jepang, saya jarang sekali belanja ke Matsukiyo, karena menurut saya harga mereka tergolong mahal. Ya wajar sih, karena mereka punya lokasi yang super duper strategis. Tapi, kalo ada barang yang saya cari dimana-mana ngga ketemu, saat itulah saya ke Matsukiyo, biasanya langsung ketemu.

rekomendasi matsukiyo
Produk matsukiyo (sebelah kiri) packaging spesial 2 pack dalam satu harga. Lebih irit! Ada juga produk yang memang produced and packaged by MatsuKiyo lainnya.
Produk oleh-oleh (sebelah kanan) lucu kaaaan??? Incaran banyak turis.

Nah, kalau kita mau belanja affordable di Matsukiyo, sebenarnya kita bisa memilih produk keluarannya si Matsukiyo sendiri. Karena mereka adalah satu-satunya drugstore (setau saya) yang punya produk sendiri, yang harganya super affordable.

Yang membuat MatsuKiyo makin dicintai turis dan orang asing adalah karena tokonya yang English-friendly dengan banyak keterangan ditulis dalam bahasa Inggris. Selain itu, mereka juga punya produk beauty&health dengan kemasan unik yang cocok dijadikan oleh-oleh.

interior toko yang english-friendly dengan penjelasan dan sign-board berbahasa inggris.

Kalau ada yang mau menyaingi MatsuKiyo, mungkin DonQuijote jawabannya. Lain kali kita bahas di post terpisah.

Kokokara Fine (ココカラファイン)

kokokara fine by IndyRin

Belakangan saya baru tau dari internet kalo Matsukiyo dan Kokokara ini sekarang jadi satu grup. Keduanya punya kesamaan, sama-sama punya lokasi yang super strategis, biasanya di pusat keramaian atau di dekat stasiun, dan punya cabang yang ngga kalah banyak dengan Matsukiyo.

Keduanya juga punya toko yang besar-besar biasanya, dengan interior yang terang dan mencolok, produk-produk yang bertebaran, jadi ngga sulit untuk menemukannya.

Dari segi produk, Kokokara Fine ini termasuk lengkap. Brand kosmetik puchipura mereka punya sampai yang high-level. Mereka juga punya merk puchipura lain yang jarang saya liat ditempat lain seperti Kiss, KissMe, dan Ayaka.

Untuk skincare, lotion, yang standar merk drugstore Jepang sampe ke Shiseido, Kanebo, Sofina mereka juga punya. Khusus untuk facemask, rasanya varian yang mereka punya lumayan banyak ketimbang drugstore lain. Sementara untuk produk Korea, paling mereka cuma punya Rom&nd dan foundation Mischa aja.

Sama seperti Matsukiyo, variasi produk mereka banyak banget sampe ke stocking, dan berbagai merk handcream dan handbody banyak. Snack, minuman, dan daily necessity juga ada di toko yang besar.

Saya sendiri juga jarang belanja ke Kokokara Fine, karena alasan yang sama dengan Matsukiyo, rerata harganya lebih mahal daripada drugstore lain, walaupun untuk produk pembersih rumah kadang harganya lebih murah.

Baca juga  Setsubun: Tradisi Lempar Kacang di Jepang

Kalo ke Matsukiyo atau Kokokara Fine, biasanya saya memilih beli barang yang sedang sale, karena harganya paling nggak sama dengan drugstore murah lainnya. Kalo harga normal, cukup untuk produk yang sulit ditemukan saja.

Kokumin Drug (コクミン)

Ini termasuk drugstore yang biasanya ada di tempat ramai atau di dekat stasiun, walaupun ngga sesering saya ketemu MatsuKiyo. Sayangnya, tampilan toko ini biasanya keliatan suram dan kurang menarik, jadi saya jarang ke tempat ini.

Untuk produknya sendiri termasuk lengkap. Semua merk kosmetik puchipura dia punya. Untuk skincare, mereka lengkap juga. Di cabang tertentu, seperti di toko-toko yang ada di pusat keramaian, mereka sedia Shiseido, Kanebo, sampai SKII juga. Plus, ada produk parfum (tapi bukan yang high-end brand).

Produk makeup dan skincare-nya lengkap lho!

Sebenernya, soal harga, Kokumin drug ini harganya bersaing dengan drugstore murah meriah favorit saya (nanti saya ceritakan). Tapi ya karena suram itu tadi, saya jadi jarang ke toko ini.

Tapi untuk yang mencari alternatif MatsuKiyo dan Kokokara Fine, Kokumin drugs ini bisa menjadi jawabannya.

Sun Drug (サンドラッグ)

Nah, ini adalah salah satu drugstore yang sering saya datangi. Kenapa? Karena menurut pengalaman saya, harganya relatif murah dibandingkan Matsukiyo dan Kokokara Fine.

Tapi, cabang Sun Drug ini cuma dikit di area Kobe, dan kebetulan yang sering saya datangi, tokonya ngga terlalu besar, tapi memang di pusat keramaian, di Sannomiya, Kobe. Beda dengan Matsukiyo dan Kokokara Fine, Sun Drug ini cabangnya tergolong jarang rasanya.

Di cabang Sannomiya, produk obat, kosmetik, facewash, skincare yang tipe puchipura lumayan lengkap jenis dan mereknya, walaupun masih kalah lengkap dengan Matsukiyo dan Kokokara Fine.

Uniknya, saya juga bisa menemukan produk yang jarang ditemukan di toko lain di sini, seperti facewash dari Hadalabo. Tapi, anehnya, produk sejuta umat kaya prefect whip kadang malah ngga ada hahaha.

Varian produknya juga ngga terlalu banyak, ngga sampai ke produk bersih-bersih kayak detergen juga, apalagi stocking. Produk skincare, sabun, sampo, dan obat juga ngga terlalu banyak. Mungkin karena toko yang di Sannomiya ini tergolong kecil.

Harga produk di SunDrug sering lebih murah ketimbang MatsuKiyo

Yang jelas, menurut pengalaman saya, harga produk di sini biasanya relatif lebih murah untuk produk non makeup. Misalnya produk lotion, biasanya saya beli di sini.

Rekomendasi Drugstore di Jepang: Part 2

Oke, saya sudah spill 4 rekomendasi drugstore di Jepang yang paling umum. Berikutnya masih ada 3 drugstore yang akan saya akan bahas, diantaranya adalah drugstore langganan saya dan drugstore termurah yang jadi pilihan para jastiper dan shopping tourism para turis dari China.

Plus, saya akan bahas rekomendasi berdasarkan produk dan harga di part 2. Don’t miss it!

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *