Bulan Januari 2024 ini, Netflix baru saja meluncurkan limited series terbarunya yang berjudul Griselda. Meskipun drama ini utamanya bercerita tentang seorang “drug lord”, tentang seorang pebisnis narkotika, tapi drama ini juga menyoroti tentang women in power. Seperti apa review drama Griselda di Netflix yang menjadi “Netflix’s Global Weekly Top 10 TV” ini?

Yuk simak review Griselda di Netflix berikut ini.

Synopsis

Drama yang dibintangi oleh artis berdarah Colombia-Amerika, Sofia Vergara ini bercerita tentang Griselda Blanco, seorang wanita Colombia yang hijrah ke Miami, Amerika, membangun bisnis narkotika, dan menjadi salah seorang “bandar narkotika” terkuat di Miami.

Dari seorang ibu rumah tangga yang kabur dari suaminya di Colombia bersama 3 anaknya, Griselda bekerja keras membangun dinasti narkotikanya benar-benar dari nol dengan modal minimal. Menghadapi pembunuhan, pengkhiatan, penipuan, dan segala marabahaya lainnya untuk bisa meng-“establish” posisinya. Meski awalnya direndahkan karena dia seorang wanita, akhirnya Griselda berhasil membuktikan diri menjadi “bandar narkotika” besar sekaligus wanita paling berpengaruh di Miami.

Namun, rasa haus akan uang dan kekuasaan kemudian menjadi titik balik dari kesuksesannya. Ketakutan, paranoia, dan pengkhianatan kemudian menjadi akhir kesuksesannya.

Di sisi yang berlawanan, ada seorang Intelligent Analysis, seorang polisi wanita berdarah Spanyol, yang direndahkan oleh sesama sejawat kepolisian dan diperlakukan hanya seperti sekretaris dan translator bahasa Spanyol saja. Ternyata, polisi inilah justru yang mengungkap kegiatan kriminal Griselda Blanco, meskipun usahanya sempat direndahkan oleh sejawat polisi pria kulit putih yang mendominasi kepolisian Amerika di jaman itu.

The Review

Drama yang memiliki 6 episode dengan durasi masing-masing 50 menit ini menggambarkan dengan detil perjuangan Griselda, seorang wanita, “a devoted mother” yang sayang anak-anaknya, berjuang sebagai single mother dan seorang “pebisnis” di tanah baru, Amerika.

Baca juga  Review House of Ninjas: Bukan Drama Ninja Biasa

Di drama ini kita diajak melihat perjuangan seorang wanita berjuang membangun bisnis walaupun awalnya hanya dengan bermodalkan nekat. But, nobody beats ambitious woman. Drama ini juga mempertontonkan bagaimana ambisi wanita itu begitu kuat dan mengerikan. Ngga cuma tercermin dari kisah Griselda Blanco, tapi juga si June, polisi wanita yang mengungkap misteri Griselda.

Dari drama ini kita (terutama wanita seperti saya) jadi bisa banyak belajar tentang “what it takes to be equal to men”, tentang bisnis, dan juga tentang kelemahan wanita-wanita hebat yang sering jadi titik kejatuhan.

Drama ini diangkat dari kisah nyata seorang Griselda Blanco, bandar narkotika legendaris di Miami pada tahun 1980an, dengan sedikit dramatisasi di sana-sini. Mengikuti inspirasi cerita aslinya, setting drama series ini dibuat ala 1980-an, jadi fashion, mobil, dan suasananya sangat amat seventies-eighties gitu.

Karena main story-nya adalah bisnis narkotika, jadi jangan kaget kalo banyak adegan mabuk, narkotika, dan yang jelas adegan kekerasan ala mafia Colombia yang bisa dibilang kejam. Jadi, musti siap-siap. Dan, karena background ceritanya dari Colombia, 95% dialog yang ada di drama ini adalah dalam bahasa Spanyol.

The Quality

Percaya ngga percaya, saya menghabiskan 6 episode Griselda ini selama 3 hari berturut-turut, karena menurut saya story-telling dari drama ini lumayan bagus, straightforward, dan bener-bener fokus ke value dan perjuangan Griselda.

Tim pembuat drama ini adalah tim yang sama yang membesut drama Narcos di Netflix, jadi mereka uda biasa bikin film bertema bandar narkotika bgini. Jadi, kualitasnya ngga kurang lah. Setting-nya sangat oke dan totalitas dalam membawa suasana 1980an.

Sofia Vergara transformation, real (left) as Griselda (right). (source: google.com)

Yang lebih saya soroti adalah akting dari Sofia Vergara sebagai Griselda Blanco. Menurut saya, akting Sofia Vergara cukup believable. Ngga mudah berakting dan mengeluarkan ekspresi tertentu dengan prosthetic dan makeup yang tebal, yang merubah wajah Sofia Vergara sedemikian rupa. I’m not a big fan of Sofia Vergara, tapi menurut saya, aktingnya meyakinkan.

Baca juga  Tontonan yang Saya Rekomendasikan untuk Sejawat Dokter dan Farmasist di Industri Obat

Bintang pendukung lainnya juga ngga jelek, meskipun most of the actors saya ngga kenal sama sekali.

Personally, saya sangat suka cerita tentang perjuangan wanita, sama seperti di drama Maid yang pernah saya bahas dulu. Karena dari drama tersebut, sedikit banyak sebagai perempuan saya bisa belajar sekaligus berkontemplasi dengan perjuangan saya sendiri. Dan, ngga sedikit pelajaran yang bisa saya ambil.

Similar to this…

Sebenernya ada satu drama Netflix yang juga mengangkat tema Bos Narkotika Wanita, yaitu Queen of the South. Bedanya, Queen of the South ini berlangsung selama 5 season dengan 13 episode per season-nya. Panjang!

I love Alice Braga and the earlier seasons. The rest are just boring. Especially last 2 seasons

Ceritanya mirip-mirip dengan Griselda. Seorang wanita lemah dan miskin yang pindah ke Amerika dan mendirikan bisnis narkotika hingga berada di puncak peredaran Narkotika Amerika. Bedanya, tokoh utama Teresa Mendoza yang dibintangi Alice Braga (I am Legend, Elysium, Suicide Squad) ini datang dari Mexico dan beradu dengan drug cartel dari Mexico. Namun, keduanya berhasil membuktikan bahwa karismanya sebagai wanita, ide bisnis, dan keberaniannya bisa membawa Griselda dan Teresa yang bukan siapa-siapa menjadi penguasa dan bandar narkotika besar di Amerika.

Sayangnya, menurut saya Queen of the South ini sangat panjang dan ceritanya cenderung agak bertele-tele kayak telenovela. Hal ini juga yang membuat saya jadi lebih menikmati cerita perjuangan Griselda yang lebih compact dan lebih fokus.

Tapi, walaupun panjang, saya nonton Queen of the South sampe tamat hahahaha. Dan memang kualitasnya menurun dari season ke season, dengan yang paling buruk (and very telenovela-like) di season terakhir.

So, dari review Griselda di Netflix ini apakah kamu tertarik nonton?

Share this post

4 comments

  1. Wah menarik bgt ceritanya kak kebetulan aku lagi cari cerita ttg women super power kaya gini. Sebelumnya serial Netflix yang aku tonton itu Girl Boss bagus juga ttg perempuan yang berani mendirikan bisnisnya sendiri. Menarik nih pengen coba yg ini juga makasih kak review-nya salam kenal 🙂

  2. Saya pria tapi selalu suka film2 tentang kiprah perempuan untuk bisa diaku. Waktu nonton Griselda sempet ga percaya kalau aktingnya Sofia Vergara itu di sini berkembang pesat makanya cari2 review lokal untuk meyakinkan diri hehe. Ternyata bener ya.
    Masih setengah jalan, dan sejauh ini enjoy banget. terima kasih resensinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *