Siapa yang tidak mengenal merek skincare ternama Jepang yang satu ini? Merek yang terkenal dengan rangkaian moisturizer dan toner seperti yang pernah saya bahas sebelumnya ini, juga memiliki produk facewash alias sabun muka yang ngga kalah beken, yaitu si Hadalabo Gokujyun Hyaluronic Acid Facewash!

Mumpung sekarang sudah bebas keluar masuk Jepang, bakal lebih mudah lagi untuk beli produk-produk Jepang. Nah, sekarang saatnya saya meluncurkan #racunprodukJepang lagi nih. Kali ini seri #racunskincareJepang. Yuk mari kita bahas si Hadalabo ini!

Hadalabo Gokujyun Hyaluronic Acid series

Sedikit mengenal Hadalabo, brand yang dikeluarkan oleh perusahaan Rohto Pharmaceutical, Jepang ini memiliki beberapa series produk, seperti Hadalabo Gokujyun Hyaluronic Acid, Hadalabo Gokujyun Premium, Hadalabo Shirojyun (whitening series) dan Shirojyun Premium, Tamagohada, Medicinal Gokujyun, dan Hadalabo Aging Care.

Di Indonesia, produk Hyaluronic Acid series ini lebih dikenal dengan nama dagang Hadalabo Gokujyun Ultimate Moisturizing series. Karena series hyaluronic ini memang terkenal sebagai series yang moisturizing alias melembabkan.

Diantara ke semua series hadalabo, cuma Hadalabo Tamagohada dan Hadalabo Gokujyun Hyaluronic Acid ini yang mengeluarkan produk facewash selain produk lotion, emulsion, dan krim-nya. Berbeda dengan seri Tamagohada, Produk ini digadang-gadang menjadi produk facewash yang tetap melembabkan wajah secara ultimate.

Hadalabo Gokujyun Hyaluronic Acid Facewash

Produk facewash-nya sendiri ada dua tipe, yang satu berbentuk foam dengan kemasan pump, sedangkan yang satu lagi seperti facewash pada umumnya.

Kebetulan mertua saya pake yang foam, dan bikin saya penasaran dengan produk ini. Karena beliau biasanya pake merek yang high-end, entah kenapa untuk facewash, beliau mempercayakan ke Hadalabo ini.

Baca juga  Review Skin Aqua Tone Up UV Essence: Sunscreen yang bikin wajahmu berseri!

Namun, karena melihat lebih banyak orang me-review yang jenis non-foam, jadilah saya mencoba facewash yang tipe standard ini.

Menurut versi aslinya, Hadalabo Gokujyun Hyaluronic Acid Facewash ini mengandung 3 jenis asam hyaluronat berbeda yang dapat diserap dengan mudah, dan dapat menjaga kelembaban kulit wajah bahkan setelah mencuci wajah.

The Review

The Product

Facewash ini memiliki tekstur yang sedikit lebih kental dan kaku daripada Senka Perfect Whip (andalan saya bertahun-tahun!).

Dengan pemakaian biasa (cuma dibasuh dengan air), menurut saya, foam-nya ngga begitu banyak. Jadi, saya biasanya menggunakan foaming net dari Muji untuk menambah efek foamy nya (baca review-nya di sini).

Buat yang sensitif sama bau-bauan, anda beruntung! Karena facewash satu ini bener-bener satu-satunya facewash yang hampir ngga ada bau-bauannya sama sekali. Selain itu, produk ini ngga menggunakan pewarna dan alkohol sama sekali.

Packaging-nya sendiri cukup standar kayak sabun muka standar lainnya. Ngga ada yang spesial. Soal harga, menurut saya, Hadalabo Gokujyun Hyaluronic Acid Facewash ini tergolong yang termurah di kelasnya.

Harganya sekitar 35 ribu untuk 100g (400-500¥ di Jepang, tapi produknya agak sulit dicari), bahkan lebih murah daripada Senka Perfect Whip (sekitar 50 ribu rupiah untuk 120g atau 500-600¥). Di Jepang beli di mana? Cek infonya di sini.

The Experience

Setelah lama menggunakan Senka Perfect Whip dan puas dengan efek plumpy dan moisturized yang ditinggalkan, saya perlahan mencoba mengganti dengan produk lain. Awalnya saya mencoba produk sebut saja produk A, ternyata kulit wajah saya jadi kering banget.

Setelah itu, saya langsung mengganti produk A dengan Hadalabo Gokujyun Hyaluronic Acid Facewash ini, karena banyak beauty enthusiast terutama yang berbasis produk Jepang bilang kalo produk ini tu murah tapi kualitasnya ngga main-main, bahkan bisa dibandingkan dengan si Senka.

Baca juga  Japanese Beauty and Skincare Product Ranking dari Event Belanja Bareng IndyRin!

Dan ternyata betul, ketika saya pake produk ini, end result-nya beda banget sama si produk A tadi. Kalau produk A memberi kesan keset pada wajah, Hadalabo Gokujyun Facewash ini memberi kesan keset, tapi juga ada efek plumpy, moist, dan lembut, mirip dengan Senka.

Walaupun, memang ada harga ada rupa, kalau dibandingkan Senka, masih jauh lebih lembut, moist, dan plumpy si Senka ketimbang Hadalabo ini. Apalagi dengan pemakaian jangka panjang, semakin terasa lebih kurang moist ketimbang Senka.

Satu lagi yang saya rasakan adalah kalau kita aplikasi produknya ini kurang, atau foaming-nya kurang, efek moist dan plumpy pasca cuci muka juga jadi kurang. Jadi, pemakaian kita menentukan efek yang didapat pasca cuci muka. Kalau kurang, jatuhnya agak kering kaya sabun cuci muka pada umumnya.

Kalau di buat tingkatan, Senka adalah tingkat paling atas, dan sabun cuci muka standar adalah tingkat paling bawah, maka Hadalabo ini ada di tengah-tengahnya. Medium Level-lah kira-kira kelembabannya.

Sementara, efek membersihkannya sendiri cukup standar. Untuk makeup yang ga bandel kaya pensil alis sih bisa ilang dengan mudah. Tapi, waterproof makeup kayak mascara dan eyeliner agak kurang mempan pake sabun cuci muka ini.

Kesimpulan

Kalau menurut pengalaman pribadi saya, Hadalabo Gokujyun Facewash ini punya beberapa kelebihan:

  • Murah meriah
  • Colorless, odorless, dan non-alcohol
  • Efek membersihkan oke
  • Melembabkan kulit sampe level medium

Tapi, ada beberapa poin yang menurut saya masuk ke kategori kekurangan:

  • Kurang foamy, harus didukung foaming net
  • Kalau kurang foamy, jatuhnya jadi agak kering di muka in long term

Kalau ditanya re-purchase atau ngga, mungkin saya akan memilih untuk mencoba produk lain dulu sih. Tapi kalau memang lagi pingin produk yang hydrating tanpa merogoh kocek terlalu dalam, ya saya pilih ini.

Baca juga  Battle Sunscreen Anessa (part 2) : Anessa UV Sunscreen Milk Type

Ada yang punya pengalaman pake produk ini juga??

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *