Seperti di artikel sebelumnya, selain retinol, regimen skin care yang menurut saya “work” banget dan efeknya terasa banget adalah serum Vitamin C. Sayangnya, karena mahal, saya mencoba mencari substitusi serum vitamin C yang saya pakai dulu, dan bertemulah saya dengan Melano CC, serum vitamin C dari Jepang yang cukup terkenal ini.

Nah, apakah serum vitamin C dari Jepang ini sebagus produk favorit saya sebelumnya? Seperti apakah efeknya? Yuk, saya ceritain.

Melano CC: Serum vitamin C yang populer di Jepang

Melano CC Intensive Anti-spot Essence merupakan produk serum vitamin C yang diproduksi oleh Rohto, yang kalau di Indonesia terkenal dengan produk obat-obatan seperti tetes mata.

Produk ini merupakan salah satu best-selling skin care di Jepang yang review-nya sudah sering lalu lalang di blog/instagram beauty enthusiast di Jepang.

Beberapa manfaat dari produk ini seperti dikutip dari theskinexperiment.com antara lain adalah meratakan tone kulit wajah, mengurangi hiperpigmentasi dan bercak hitam, mencegah jerawat, meningkatkan elastisitas kulit dan juga mengencangkan pori-pori.

Sama seperti efek vitamin C pada umumnya yang mampu mencerahkan, meratakan warna kulit, mengurangi bercak hitam dan meningkatkan elastisitas kulit.

Kalau melihat wadahnya, beberapa manfaat yang diklaim sebagai unggulan antara lain mencegah jerawat dan bercak hitam atau dark spot.

Ingredients: Ascorbic Acid (Active Vitamin C), Tocopherol Acetate (Vitamin E Derivative), Dipotassium Glycyrrhizinate, Isopropyl Methylphenol, Ascorbyl Tetra-2-Hexyldecanoate, Ethoxydiglycol, Alpinia Katsumadai Seed Extract (Alpinia White), BG, Edetate, Viscosity Modifier, Fragrance

dikutip dari theskinexperiment.com

Kandungan yang terdapat di dalam produk ini adalah Vitamin C dan Vitamin E. Sayangnya, tidak ada informasi jelas terkait konsentrasi vitaminnya, meskipun menurut saya konsentrasinya ngga terlalu tinggi. Nanti akan saya bahas kenapa.

Baca juga  4 Alasan Memilih S3 di Jepang

Selain produk essence alias serum ini, Melano CC juga mengeluarkan produk lain berupa sheet mask, lotion, dan juga gel, yang kesemuanya mengandung vitamin C dan digadang-gadang mampu memutihkan dan mencerahkan kulit.

Salah satu alasan yang menjadikan produk ini sebagai best selling adalah harganya yang super affordable! Untuk 1 tube 20ml, harganya sekitar 1000-1200¥ atau sekitar IDR 100.000-130.000 saja! Jauh lebih murah dari serum vitamin C yang saya pakai dulu.

Review Melano CC Intensive Anti-spot Essence

Diantara produknya Melano CC, saya cuma mencoba yang Anti-spot Essence ini, karena ini yang paling populer. Saya sudah pake produk ini selama kurang lebih satu tahun.

Produk ini saya pakai tiap hari. Biasanya saya aplikasikan di pagi hari, sebelum mengaplikasikan sunscreen dan layer lainnya.

Saya mengaplikasikan produk ini ke seluruh bagian wajah. Tapi, kalau lagi ada jerawat musiman (pas sebelum mens) biasanya saya aplikasikan lebih ke daerah jerawat, dan kadang saya aplikasikan di malam hari juga.

Melano CC
Ujung tube yang meruncing dengan lubang yang kecil

Tube produk ini memiliki ujung penetes dengan lubang yang cukup sempit. Menurut saya ini praktis dan menguntungkan sih, karena kita jadi ngga mungkin memakai produk ini kebanyakan. Tapi kalo lagi buru-buru pingin mengaplikasikan banyak dalam waktu cepet, emang bikin agak senewen, karena keluarnya “imit-imit” banget. hehe.

Produk ini memiliki tipe cairan yang jernih atau clear, teksturnya ringan tapi sedikit oily. Ketika diaplikasikan ke muka, tidak terasa berat, tapi memang terasa berminyak.

Menurut saya, produk ini nggak terlalu cepat menyerap. Kita perlu menunggu waktu beberapa saat sampai produk ini meresap. Setelah meresap, wajah akan terasa sedikit lebih kesat. Setelah itu barulah saya lanjutkan ke layer berikutnya. Karena kalau saya aplikasikan sunscreen langsung tanpa menunggu menyerap, sunscreen jadi terasa lebih oily dan seperti bergeser.

Produk ini memiliki bau yang khas seperti bau suplemen vitamin C pada umumnya. Ada bau seperti bau jeruk atau semacamnya dari produk ini. Untuk yang hidungnya sensitif, mungkin ini agak mengganggu.

Baca juga  Peran laki-laki dalam keluarga Jepang: antara stereotipi dan realita

Efek Pemakaian Rutin Melano CC

Dari sekian banyak klaim yang saya kutip dari website sebelah, ternyata menurut pengalaman saya, efeknya tidak se-“wow” itu.

Untuk efek mencerahkan, meratakan warna kulit wajah, efek produk ini mungkin ada, namun lebih inferior dibanding serum vitamin C saya yang lama. Sedangkan untuk meratakan warna kulit, rasanya efek retinol lebih terasa.

Sedangkan untuk efek menghilangkan bercak hitam dan mengecilkan pori-pori hampir tidak terasa efeknya. Atau mungkin noda hitam penuaan saya sudah terlalu dahsyat hahaha.

Kalau dibandingkan dengan efek pemakaian retinol terhadap bercak hitam, sepertinya efek serum ini lebih ngga terasa. Sementara kalau soal pori-pori, produk TAKAMI yang pernah saya bahas dulu lebih terasa manfaatnya.

Jadi efek apa yang paling keliatan? Ternyata efeknya terhadap jerawat! Yang ini saya bener-bener merasakan sendiri memang ada efek mempercepat penyembuhan jerawat.

Biasanya, sebelum mens, saya pasti kedatangan jerawat-jerawat manis yang tidak bisa ditebak lokasinya. Saya pun sudah mendokumentasikan perjalanan salah satu jerawat saya di atas alis kala itu.

Efek penggunaan Melano CC dari hari pertama hingga hari ke lima. Tolong jangan salfok dengan alis saya yang berantakan.

Di hari pertama saya sadar ada jerawat di situ, saya langsung dengan semangat mengaplikasikan dengan sedikit lebih barbar di area jerawat tersebut. Waktu pertama sadar, kita sebut hari pertama, jerawatnya cukup prominen dan kemerahan (mungkin kalo difoto ngga terlalu kelihatan).

Ternyata, di pagi hari kedua saya liat kemerahannya sudah menghilang walaupun jerawatnya belum kempes. Di hari ketiga, saya cukup kaget karena jerawatnya sudah kempes, meninggalkan komedonya saja disitu, yang biasanya nanti akan “tercuil” dengan sendirinya waktu kita pegang muka atau waktu cuci muka.

Menurut saya, ini lebih cepat daripada turn over normal jerawat saya yang biasanya bisa sampe semingguan.

Baca juga  Gossip Girl 2021 dan Dinamika Remaja yang Sudah Berubah

Di hari ke empat dan ke lima, sudah tinggal bekasnya saja. Sayangnya, saya sendiri memang punya bakat scarring, dimana kalo ada bekas luka emang sulit pulihnya (mungkin alasan yang sama kenapa bercak hitam di wajah sulit hilang), dan ternyata kalau di wajah saya bekas jerawat baru bisa hilang dalam kurun 15 harian. Dan serum ini, kurang mempercepat proses itu.

Nah, inilah sebabnya kenapa saya menduga konsentrasi vitamin C nya ngga sebesar itu. Karena kalau dengan serum vitamin lain, efek yang didapatkan lebih banyak.

Kesimpulan

Menurut saya, agak mustahil bisa dapat produk dengan harga yang murah, tapi dengan klaim manfaat yang bermacam-macam.

Dan, dengan harga yang affordable banget di kelasnya, Melano CC menunjukkan performa yang bagus dalam menumpas jerawat.

Kalau butuh substitusi serum vitamin C yang lebih murah, saya pasti merekomendasikan produk ini. Karena efek di jerawat jelas ada, besar kemungkinan efek yang lain seperti mencerahkan kulit, meratakan tone wajah, mengecilkan pori juga ada, meskipun tidak dahsyat.

Buat yang pingin nyobain serum vitamin C dari Jepang, dan juga buat para pemula Vitamin C, jangan khawatir, di toko oren dan toko hijau produk ini banyak dijual. Jadi, coba rasakan sendiri manfaatnya dan mari diskusi yuk di kolom komentar!

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published.