Setelah sebelumnya membahas Anessa UV Sunscreen tipe Gel yang ternyata kurang cocok sama saya, akhirnya saya mencoba beralih ketipe yang lain, Anessa UV Sunscreen Milk Type! Seperti apa outcome-nya? Mari disimak!

Anessa UV Sunscreen tipe Milk

Sekali lagi, produk UV Sunscreen Anessa ini punya beberapa line up product yang menarik. Untuk produk sunscreen-nya sendiri, ada series Perfect UV Sunscreen Skincare, UV Essence Emulsion, Perfect UV Sunscreen for Sensitive Skin.

Nah, seri Perfect UV Sunscreen Skincare ini punya dua tipe, gel dan milk. Pada dasarnya secara formulasi untuk tipe milk ini ngga beda jauh dengan tipe gel dengan manfaat yang sama dengan si gel tadi. Masih dengan alkohol, soluble collagen, dan perfume-nya.

anessa uv milk review

Seri UV Milk ini adalah best seller-nya Anessa, makanya mereka meluncurkan produk ini dengan versi kemasan unik, misalnya kemasan Doraemon atau kemasan yang bekerja sama dengan Marvel. Kalo kamu doyan unyu-unyu, ini worth buy banget, tapi belinya harus langsung di Jepang.

The review

Harga dan Packaging

Secara harga, sebenernya sama aja dengan tipe gel. Sama-sama mahal! hahaha. Di Jepang harganya sedikit lebih mahal dari yang gel, sekitar 2000 yen lah (60ml). Di Indonesia harga di official store-nya sekitar 480k rupiah untuk 60ml, atau 190k rupiah untuk 20ml. Atau alternatifnya bisa cek di sini:

Kalau yang tipe gel wadahnya dalam bentuk tube, tipe milk ini wadahnya menggunakan botol. Di dalamnya ada semacam gotri-nya gitu. Sebelum pemakaian, kita harus kocok-kocok dulu lotionnya supaya rata.

Baca juga  Shirakawa-go Tanpa Salju: seperti apa?

Botolnya berwarna kuning keemasan dengan logo dan tulisan berwarna hitam (untuk seri lama) atau biru muda seperti seri gel (untuk kemasan terbaru).

Ketimbang seri gel, si milk ini lebih ringkes kemasannya untuk dibawa-bawa, apalagi dia punya versi botol mini 20ml. Cocok banget buat dibawa ke mana-mana!

The Experience

Saya sebenernya menghindari sunscreen tipe milk, karena dulu pake sunscreen tipe milk dari Muji dan itu white-cast-nya parah banget.

Untungnya, Anessa UV milk ini exceed my expectation. Lotion si milk ini tu encer banget, sangat watery, warnanya putih susu, mudah diratakan dan cepat meresap. White-cast-nya pun minimal. Yang jelas, jangan lupa mengocok botolnya sebelum dipakai, karena bagian lotion putih dan bagian cairnya bakal terpisah kalau ngga dikocok.

Sama seperti tipe gel, yang tipe milk ini juga mengandung wangi-wangian bunga. Bagi sebagian orang (termasuk saya) ini kadang mengganggu.

Sewaktu dipake di muka, ternyata lotionnya lembut dan cair banget. Hasil akhirnya, di kulit wajah tu terasa super duper ringan, lebih ringan daripada si tipe gel. Ngga ada rasa lengket, oily dan greasy seperti tipe gel. Beneran liquid banget.

Tone wajah agak sedikit putih, padahal belum pake bedak atau apa. Tapi tetep tekstur nya dewy, berkilau. Lebih natural gak sih?

Kalau dilihat hasil akhirnya, lebih less dewy dibandingkan yang seri gel, tapi ngga jadi matte juga sih. Kalau diliat dari deket sebenernya masih keliatan dewy dibanding sunscreen-sunscreen tipe matte lain yang pernah saya pakai.

Kalau tipe gel ngga merubah tone wajah, tipe milk ini ternyata bikin tone wajah saya jadi keliatan lebih putih. Entah ini efek dari white cast atau gimana. Masih dalam batas tolerable sih putihnya, dan ngga mengganggu overall finish kayak sunscreen L’oreal yang dulu pernah saya coba.

Baca juga  Hadalabo Gokujyun Hyaluronic Acid Facewash: Is it worth it?

Sama seperti yang seri gel, seri milk ini juga punya proteksi SPF 50+, PA++++, dan waterproof tentunya. Selama penggunaan, kulit akan tetap terasa moisturized dan lembut.

Tapi…

Ternyata sebulan pake sunscreen ini bikin bruntusan saya pasca pake yang gel jadi ngeflare lagi. Dia ngga bikin jerawat baru sih, tapi setelah lama jerawat saya ilang karena ganti sunscreen basic, pas pake ini jadi nongol lagi. Tapi emang jauh lebih sedikit break out nya selama sebulan ini.

Terpaksa saya stop pemakaian, tapi kalo pas kepepet ngga ada sunscreen lain, saya masih berani pake yang tipe milk. Karena jujur aja, hasil akhirnya keliatan natural dan oke banget.

Kesimpulan

Sekarang saya tau kenapa sunscreen ini favorit banget dibanding seri-seri yang lain. Karena emang dipakenya tuh nyaman banget, ringan, hasil akhirnya ngga lebay, keliatan naturally dewy (cakep banget dah pokoknya), lembab, dan proteksinya udah teruji lah ya.

Sayangnya, dari segi harga, Anessa UV Sunscreen Milk ini emang lebih mahal, jadi kalau ngga cocok, ya agak sedih juga jadinya. Musti hati-hati buat temen-temen yang kulitnya ternyata kurang cocok dengan formulanya Anessa ini seperti saya.

Saya pribadi sih kayanya masih bakal maksa pake produk ini ^^; mungkin dipake jarang-jarang dan ngga tiap hari buat menghindari breakout, soalnya produk ini mahal tapi emang hasil akhirnya bagus!

Sekali lagi, cari sunscreen ngga harus mahal, yang penting cocok dan proteksinya oke! Jangan lupa cek juga review Anessa UV Sunscreen Gel.

Share this post

4 comments

  1. wah, di mbak nggak cocok ya berarti. aku pake Anessa yang tipe gel. bingung sebenenrya jduulnya gel tapi teksturnya sendiri lotion hihi. tp di aku yg gel ini cocok sih. alhamdulillah gada efek buruk di kulit. dan paling suka sama efek dewy nya. kulit jadi keliatan lebih sehat hihi.
    abw, kalo beli di Jepang langsung bedanya apa mbak?

    1. Wah, syukur banget cocok di mba. Finish-nya cantik sih mba memang, sayang malah aku yang ngga cocok hiks.
      Kalau sama produk yang di Jepang ngga beda mbak, cuma kadang yang di Jepang kalo yang seri milk ada kemasan khusus yang collab sama brand kayak doraemon atau marvel gitu. Sama kadang ada bonus trial set nya kalo beli salah satu produknya. Tapi di luar itu sama aja mba secara produknya

  2. banyak pilihannya ya si Anessa ini dan dari segi harga woww lumayan juga
    dari kemarin kepikiran mau coba brand lain, tapi bingung yang mana dulu hahaha

    1. Kalau untuk Anessa, rekomendasi aku coba yang milk dulu aja mba, best selling-nya itu soalnya. Dan memang bener di mukaku yang paling bisa ditolerir cuma yang tipe ini. Yuk cobain mba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *