Meskipun sebelumnya saya merasa kurang cocok dengan sunscreen yang punya efek “mencerahkan” seperti L’oreal UV Defender, akhirnya saya menemukan sunscreen yang bisa bikin kulit cerah tanpa bikin kesel. Yuk baca dulu review si Skin Aqua Tone Up UV Essence berikut ini!

Skin Aqua Tone Up UV Essence

Skin Aqua adalah salah satu merk sunscreen yang lumayan terkenal di Jepang. Skin Aqua merupakan line up sunscreen yang dikeluarkan oleh perusahaan Rohto Pharmaceutical (sama kaya si Melano CC yang pernah saya bahas sebelumnya).

Basically, mereka punya 4 seri sunscreen dibawah nama Skin Aqua. Yang paling senior, dan mungkin yang paling banyak di review adalah Skin Aqua Super Moisture Series (ada yang gel dan essence).

Seri ini kemudian punya versi upgrade-nya yang disebut Skin Aqua Super Moisture Gold Series. Sedangkan seri terbaru mereka adalah Skin Aqua Nexta, untuk kulit yang sudah memiliki tanda-tanda penuaan.

Nah, Skin Aqua Tone Up UV Essence adalah seri sunscreen yang sedikit berbeda dari seri sebelumnya. Karena produk ini punya dua manfaat, selain sebagai sunscreen, juga berfungsi sebagai make up base, karena produk ini dilengkapi kemampuan untuk color correction.

Ada 4 varian dari seri Tone Up UV Essence ini, 3 varian standar terdiri dari: Lavender (kemasan biru-pink), Mint-green (kuning-biru), dan Rose (hijau-merah), plus 1 varian eksklusif Latte-beige (biru-orange). Masing-masing dari varian ini punya warna lotion yang berbeda dan fungsi yang berbeda di wajah.

Baca juga  Melano CC: Serum Vitamin C dari Jepang untuk Jerawatmu

Misalnya, seri Lavender dengan lotion warna ungu, berfungsi untuk brigthness correction alias mencerahkan kulit. Seri mint-green, dengan lotion hijau, berfungsi untuk mengurangi kemerahan wajah. Seri Rose, dengan lotion merah, berfungsi untuk mengurangi wajah kusam. Sedangkan seri Latte-beige, dengan lotion warna orange-beige, berfungsi untuk meratakan warna kulit.

Skin Aqua Tone Up UV Essence varian Lavender

Skin Aqua Tone Up UV Review

Saya sendiri mencoba produk ini karena kebetulan. Saya salah mengira produk Skin Aqua ini sebagai produk Biore UV Aqua Rich Watery Essence! Saya pikir Biore mengeluarkan varian baru dengan kemasan berwarna-warni, padahal ini produk yang berbeda. LOL.

Masing-masing seri Tone Up ini punya aroma yang berbeda-beda, dan saya memilih seri Lavender tanpa tahu fungsi Tone Up-nya di wajah. Saya memilih seri ini lantaran ada bau seeeeeemacam bau lavender yang segar!

Meski cuma memilih berdasarkan bau, ternyata saya berjodoh lagi sama sunscreen dengan efek brightening seperti yang saya coba sebelumnya. Tapi, di sunscreen ini, ternyata saya menemukan kelebihan yang tidak saya temukan sebelumnya.

Review produk

Harga dan packaging

First of all, yang saya suka adalah produk ini sangat affordable. Harganya sebelas-duabelas ama Biore (mahalan Biore sih). Kalau di Jepang, kemasan 80g harganya sekitar 600-700¥. Di Indonesia, harganya IDR 60.000-80.000 di Watson untuk kemasan 40g (kalo saya, prefer jastip sih, hahaha).

Untuk jenis sunscreen dengan SPF50+ / PA++++, menurut saya, harga ini sangat affordable. Dan ngga cepet abis, karena sudah saya pake bisa sampe 4-5 bulan (daily use, tanpa re-apply).

Kemasannya sendiri sangat cantik, warnanya lucu banget, dan lain daripada produk sunscreen lain. Untuk lotion-nya sendiri, seperti saya bilang sebelumnya, warnanya bukan putih, tapi sesuai varian produk. Karena saya coba yang Lavender, jadi lotionnya warnanya ungu.

Baca juga  3 Series Netflix yang WOW versi IndyRin

Opini pribadi

Lotion-nya sendiri sangat light, ngga cair atau watery, tapi juga ngga tebal. Kalau dipakai di wajah terasa sangat ringan. Mirip sama lotion-nya si Biore (mungkin karena mereka sama-sama tipe essence, jadinya mirip).

Lotion-nya ngga putih, tapi warnanya keunguan. Teksturnya ngga watery tapi juga bukan yang thick gitu. Lotion-nya sangat lembut, ringan, dan gampang di blend

Yang saya suka, lotion-nya ini lembut banget dan gampang banget di aplikasikan di muka. Meskipun–seperti kebanyakan sunscreen dengan efek brightening–dia memiliki white cast yang cukup terlihat, tapi karena lotionnya yang lembut banget ini, dia jadi mudah banget untuk diratakan. Jadi, ngga keliatan putih “ndemblok” kayak tembok di cat ngga rata.

In my opinion, lotionnya bahkan lebih lembut ketimbang merek Anessa. Enak banget buat di blend dan diratakan, baunya juga seger, dan hasil akhirnya cenderung matte, tanpa kesan kinclong atau keliatan berminyak.

white cast Skin Aqua Tone Up UV
White cast-nya kira-kira kayak gini

Menurut saya lagi nih, sehabis memakai produk ini, wajah jadi keliatan seperti sudah dibedakin. Jadi, buat saya ini poin plus lagi, karena saya bisa pake produk ini sendirian, tanpa bedak, terutama disituasi dimana saya keburu-buru, cukup pake sunscreen. Praktis.

Sayangnya, karena lotion-nya berwarna ungu, jadi kesan bright yang nampak adalah fair bright, alias cerah yang putih gitu kayak kulitnya orang Jepang. Sedangkan kulit saya sawo matang. Kadang kalau suami lihat, dia pasti komen, “Itu bedakmu ngga keputihan?”. Tapi, menurut saya masih keliatan natural ketimbang merek yang sebelumnya.

(Kiri: Sebelum) Tone kulit saya kuning, tapi emang bagian pipi putih kemerahan gitu
(Kanan: Setelah pemakaian Skin Aqua) Keliatan seperti ada lapisan tipis di atas muka yang warnanya putih (fair-bright), jadinya tone muka lebih ke warna pink translucent ketimbang kuning. Paling keliatan putih di area dahi dan dagu. Sementara bagian pipi jadi lebih pink merona dan putih cerah. Keliatan? Tetep natural, kan?

Wkwk.
Walaupun Tone Up-nya mungkin agak kurang cocok dengan base tone kulit saya, tapi sunscreen ini bikin kulit saya jadi kelihatan ngga kusam dan keliatan merona, tanpa membuatnya terlalu putih unnatural, which I love!

Selain itu, produk ini juga katanya ‘waterproof’. Tapi saya sendiri ngga tau gimana membuktikan ke-waterproof-an-nya. Jadi, saya ngga bisa komen banyak.

Baca juga  Avoskin Your Skin Bae Vitamin C Serum Mask: Review

Yang jelas, saya pake produk ini kurang lebih 4-5 bulan, dan selama pemakaian, kulit saya ngga pernah mengalami masalah. Ngga ada bruntusan, atau kulit kemerahan, dan semacamnya. Relatif aman menurut kulit saya.

Mau dipake di Jepang atau di Indonesia juga tetap cocok. Mau musim panas atau musim dingin, tetap cocok buat sehari-hari.

Kesimpulan

Menurut saya, Skin Aqua Tone Up UV essence ini memuaskan. Karena: lotionnya ringan, gampang di blend, white cast ngga keliatan, wanginya segar, beneran bisa tone up warna kulit wajah, bikin skincare routine jadi lebih praktis, dan harganya sangat affordable.

Walaupun kadang keliatan “putih” buat kulit sawo matang saya, tapi ngga separah produk yang dulu.

Overall, kalau ditanya akan repurchase atau ngga, saya akan pilih purchase, tapi dengan varian yang berbeda. Karena saya yakin varian yang lain juga worth trying!

So, what about you?

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *