Kalau ada K-Drama yang saya betah buat binge-watching, nomer satu adalah the Glory, yang kedua adalah K-Drama Celebrity di Netflix ini. Kenapa? Mari disimak!

Synopsis

Dari judul (dan trailer)-nya, sebenernya kita bisa sedikit menebak kemana arah drama ini. Jelas tentang selebriti, tapi bukan selebriti biasa, melainkan selebriti dari sosial media, atau istilah kerennya selebgram atau influencer.

Celebrity di Netflix ini mengangkat cerita Seo A-ri, seorang anak perempuan dari keluarga kaya raya, yang kemudian bangkrut dan harus putus kuliah, sampai bekerja sebagai sales skin care door-to-door.

Nasib mempertemukan dia dengan teman semasa SMA-nya yang ternyata sekarang menjadi seorang selebriti sosial media alias influencer. Awalnya, temannya ini memanfaatkan Seo A-ri untuk menaikkan popularitasnya. Tanpa diduga, Seo A-ri yang tadinya tidak tertarik (dan tidak punya) sosial media, justru mendapat perhatian dari banyak netizen, hingga akhirnya dia dilirik oleh seorang agensi sosial media yang membantu dia berkembang menjadi seorang influencer.

Tapi, dramanya tidak selesai sampai di situ. Dalam perjalanannya dia banyak menemukan masalah, mulai dari saling tusuk menusuk dan menjatuhkan antar sesama influencer, sabotase, hater dan akun anonimus yang mengganggu kehidupan Seo A-ri, tentang uang, popularitas, pertemanan, hingga kasus kriminal di dalam sirkel gemerlap dunia influencer.

Drama ini dikemas dalam 12 episode, dan tiap episodenya 45 menit aja, makanya kalau mau binge watching masih bisa bangett.

The Review

Sosial Media dan Norma Kehidupan Sosial di Era Modern

Salah satu poin yang menarik buat saya untuk terus melanjutkan drama ini adalah intrik dibalik kehidupan sosial media yang menurut saya itu realitis. Dimana banyak orang berlomba-lomba untuk mendapatkan follower, sebab jumlah follower menentukan “kelas sosial” mereka.

Baca juga  The Empress dan Queen Charlotte Bridgerton di Netflix: Dua drama, dua negara, satu plot

Ada yang membayar agensi untuk menambah follower atau menambah komen positif dalam postingan mereka. Ada yang membayar untuk menjatuhkan follower dari influencer yang lain.

Di drama ini kita juga bisa melihat bagaimana forum-forum online bisa mempengaruhi opini terhadap orang lain, dan bagaimana influencer-influencer itu sendiri meng-influence kehidupan orang lain. Secara tidak langsung menggambarkan bahwa kehidupan sosial manusia modern ini sebenernya “diatur” oleh media sosial online itu tadi.

Meskipun para figur media sosial itu bukanlah orang yang kita kenal secara personal, tapi kita bisa masuk ke kehidupan mereka seolah-olah kita tahu mereka secara personal. Apalagi di Korea yang terkenal memiliki netizen yang “kejam”.

Drama ini juga berhasil menggambarkan dinamika sosial di masyarakatnya juga. Di mana netizen jaman now terkadang memiliki hasrat yang diluar nalar untuk bisa mengontrol idola/selebriti sosial media kesayangan mereka. Ngeri kan?

Intrik dibalik Gemerlap Para Influencer ala Celebrity, Netflix

Ada influencer yang hidupnya gemerlap dari hasil jerih payahnya membangun brand dan atau membangun bisnis. Tapi, ada juga influencer yang hidupnya gemerlap karena sumber kekayaan yang tidak legal, seperti jual diri, menjual barang palsu, dan semacamnya, hanya demi mempertahankan gaya hidup mewah mereka.

Sirkel influencer dimana Seo A-ri bergabung pertama kali

Pada akhirnya, tidak semua yang kita lihat dari kehidupan seorang influencer adalah benar. Karena pada akhirnya, sosial media hanyalah sebuah alat untuk membangun sebuah image yang belum tentu menggambarkan kenyataan.

Drama ini menggambarkan dengan apik tentang sisi gelap dan terang kehidupan para publik figur sosial media tersebut dari kehidupan Seo A-ri dan sirkel influencernya.

Pelajaran di Bidang Bisnis dan Advertisement

Berhubung saya memang tertarik dengan bisnis dan advertisement (cuma tertarik sih, belajarnya baru tipis-tipis aja), dan tertarik dengan pemanfaatan sosial media untuk tujuan tersebut, film ini bisa memberi gambaran, ide, atau motivasi tentang bisnis, engagement, dan advertising.

Baca juga  "Beef" from Netflix: Drama "Dark Comedy" yang Sarat Makna

Di sini kita bisa belajar bagaimana Seo A-ri membangun bisnisnya lewat sosial media, strategi yang dia pakai, bagaimana dia memanfaatkan sosial media itu sendiri untuk advertising bisnisnya, dan pentingnya menjaga image dari sebuah brand untuk kelangsungan bisnis yang dibangun.

Kerja Keras dan Karakter Kuat

Meskipun drama ini seperti menjual kehidupan selebriti sosial media yang wah, tapi sebenernya mereka juga menunjukkan bahwa hanya orang yang bekerja keras dan punya karakter yang kuat lah yang bisa survive.

Hal ini ditunjukkan dengan karakter Seo A-ri yang digambarkan pandai melihat peluang, punya karakter jujur, bertanggungjawab, berpinsip kuat, yang ngga mudah dipengaruhi orang lain.

The Experience

Cerita Oke, tapi Pemainnya..?

Salah satu faktor yang bikin saya kepingin nonton drama ini adalah karena saya tertarik dengan pemeran Seo A-ri di drama ini, Park Gyu-young. Saya ngga kenal sama artis ini, tapi menurut saya aktingnya oke, apalagi gayanya yang edgy banget cocok buat karakter Seo A-ri.

Tapi, sayangnya, diantara cerita yang seru dan pemain utama yang kece, saya merasa leading male actor-nya, Kang Min-hyuk, sama sekali ngga oke untuk memerankan sosok CEO perusahaan kosmetik besar bernama Han Jun-kyung. Ngerti banget sih, mereka mau menghadirkan sosok CEO yang cool dan keren, tapi aktornya membuat karakter Han Jun-kyung ini jadi kaku dengan facial expression yang aneh menurut saya.

Karakter yang tidak menarik buat saya

Pemeran antagonisnya, Han Jae-in yang memerankan Jin Chae-hee juga terlalu lebay. Kesannya kayak teriak-teriak muluk scene-nya dimana dia muncul. Ga efektif dan malah bikin males nontonnya.

Role Model Character di Drama Celebrity Netflix

Nah, selain karakter Seo A-ri, ada satu karakter utama yang bikin saya betah nonton drama ini, yaitu karakter Yoon Si-hyeon yang diperankan oleh Lee Chung-ah. Karakter ini tu bak “mbak-mbak” dewasa yang cantik, kaya, dan bijak, yang powerful meski tanpa sosial media.

Baca juga  Kisah Jeffrey Dahmer di Netflix: Antara Kehadiran Orangtua dan Pembunuh Berantai

Personally, saya suka style-nya yang anggun tapi ngga berlebihan, karakternya yang tenang dan bijak, meskipun kisah pribadinya agak menyedihkan.

Tapi, melihat sosok Yoon Si-hyeon di tengah hirukpikuk para influencer yang mencoba terlihat semewah-mewahnya, mengeruk keuntungan sebanyak-banyaknya, jadi mengingatkan kita bahwa orang yang benar-benar sukses, kaya, dan dewasa, sebenernya ngga perlu validasi dari sosial media.

Karakter ini bener-bener jadi buffer yang bikin drama ini lebih bearable dibanding cuma sekedar hiruk pikuk dan gemerlap influencer semata.

@rendrejolly yoon sihyeon, your elegance radiates ✨ #leechungah #celebrity #celebritykdrama #elegantstyle #oldmoney ♬ suara asli – vogueandvibes

Ending..?

Ngga mau ngasih spoiler, tapi buat penggemar K-drama, pasti udah bisa nebak endingnya gimana. Driver dari plot drama ini sendiri sih sebenernya endingnya. Tapi, titik akhir endingnya itu bener-bener you like it or you hate it sih.

Kesimpulan

Menurut saya drama ini menggambarkan dengan sangat epik dinamika kehidupan sosial jaman now dengan sosial media sebagai centernya, terutama di kehidupan sosial media di Korea sana. Tapi saya yakin, ngga jauh beda sama di Indonesia sekarang sih.

Dari K-drama Celebriti Netflix ini kita bisa belajar plus minus dari dunia influencer, dari dunia sosial media, sampai ke bisnis.

Meskipun ada aktor yang kurang oke menurut saya, tapi overall drama ini cukup menarik untuk dinikmati, apalagi buat teman-teman yang suka drama bling-bling seperti saya hehehe. Untuk ending, ya tergantung selera masing-masing. Kalau buat saya sih masih bearable.

Jadi, gimana? Tertarik buat nonton?

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *