Pasti model “Yamato Nadeshiko“! Padahal ngga juga. Tipe wanita yang disukai orang Jepang ngga melulu yang cantik, anggun, pinter masak dan sempurna gitu (yah walaupun idealnya pasti pingin yang begitu).

Ada beberapa poin yang saya notice hampir sama antara satu cowok Jepang dan yang lainnya kalo ditanya mengenai tipe/sifat wanita yang disukai orang Jepang. Apa saja itu?

Sebelum saya lanjut, disclaimer dulu nih. Tulisan ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi, percakapan dengan teman dan kolega orang Jepang. Jadi tulisan ini sifatnya subyektif ya, ngga perlu dimasukkan ke hati hehe.

Wanita yang Dewasa

Kalau suka nonton drama atau baca manga mungkin familiar dengan cerita cowok ganteng yang jatuh hati dengan wanita yang lebih tua. Dan memang dikehidupan nyata, pasangan yang seperti itu banyak ditemukan.

Alasannya adalah karena banyak cowok Jepang yang menyukai sosok wanita yang dewasa. Dewasa dalam hal ini adalah matang secara emosional. Jadi “no menye-menye” dan “no drama-drama” gitu.

Misalnya cewek yang ngambekan ngga jelas, marah karena ngga dibales chat/telepon-nya, yang kelewat manja dan ngga mandiri, ini adalah tipe yang nggak disukai biasanya.

Sedangkan tipe wanita yang mandiri, mengerti dirinya sendiri, bisa mengambil keputusan sendiri, bisa membawa dirinya, dan bahkan terlihat keren saat bekerja, biasanya banyak memukau cowok Jepang.

Tidak Takut Menunjukkan Sisi Vulnerable

Meskipun beberapa cowok Jepang suka wanita dewasa yang strong dan keren, ternyata cowok Jepang sangat mudah terpana ketika melihat sisi vulnerable cewek.

Misalnya ada seorang wanita karir keren dan cool, tapi ternyata ceroboh kalo masak. Atau wanita dewasa tapi kalau liat boneka kesukaannya suka gemes lucu sendiri.

Baca juga  Hakanai: Filosofi keindahan "sesaat" di Jepang

Kadang ada kan wanita yang selalu ingin tampak teguh, tampak kuat dan sempurna. Tapi yang ingin dilihat cowok ternyata justru bukan itu.

Sifat kontras antara wanita dewasa dan sisi lain yang jarang diperlihatkan itu yang biasanya bikin beberapa cowok di Jepang malah “klepek-klepek”. Percaya ngga percaya, ada yang begitu lho.

Bahkan ada beberapa cowok yang senang kalo bertemu wanita dewasa yang keren dan cool, tapi aslinya kocak dan suka bercanda. Kan jadi unyu-unyu gitu yak.

Menghargai Budaya Jepang

Ngga selalu harus bisa bicara bahasa Jepang. Beberapa cowok Jepang yang sudah akulturasi dengan budaya asing biasanya ngga keberatan punya cewek berbahasa asing.

Tapi, hampir pasti mereka tertarik dengan cewek yang menghargai apalagi mengerti budaya Jepang. Ini dalam konteks wanita asing tapi ya.

Menghargai dan mengerti budaya Jepang sebenernya paling mudah diperlihatkan dengan bicara bahasa Jepang. Walaupun masih terbata-bata, biasanya cowok Jepang suka cewek yang berusaha bicara bahasa Jepang.

Terus misalnya mengerti manner atau tatakrama di Jepang, seperti ngga berisik di tempat umum, berpakaian sopan dan rapi di tempat umum, pake kaos kaki, dan sebagainya.

Kalau konteksnya sesama orang Jepang, biasanya cowok Jepang suka cewek yang menghargai dirinya. Baik menghargai pekerjaannya, opininya, dan termasuk harga dirinya.

Kesimpulan

Ini hanya beberapa poin yang saya dengar. Tidak bisa digeneralisasi juga, karena nyatanya saya ngga 100% memenuhi kriteria ini, tetapi jodoh saya malah orang Jepang hehehe.

Tapi kalau memang tertarik dengan orang Jepang, 3 hal tadi bisa dijadikan pintu masuk. Karena dari beberapa orang yang saya ajak bicara, ternyata kedewasaan, vulnerability, dan budaya menjadi hal yang sama-sama dilihat dari seorang wanita.

Baca juga  Melano CC: Serum Vitamin C dari Jepang untuk Jerawatmu

Ada yang tertarik?

Share this post

2 comments

  1. Nice info mbak…
    Sejauh ini saya cuma tau standar bijin (美人)-nya orang Jepang secara fisik aja, yaitu kurus langsing, imut dan putih pucat ala orang Asia. Tapi secara sifat karakternya lebih unik ya ternyata…
    Salam kenal mbak:))

Leave a Reply

Your email address will not be published.